Bolehkah Baca Niat Puasa Rajab Di Siang Hari?

Memasuki tanggal 2 Rajab 1444 Hijriah, umat Muslim dianjurkan untuk puasa Rajab hingga 10 hari ke depan. Lantas, jika lupa baca niat di malam hari, kemudian baca niat puasa Rajab 2023 siang hari apakah boleh?

Pertanyaan ini banyak ditanyakan umat Muslim mengingat mereka bangun kesiangan sehingga tidak sempat sahur terlebih dahulu. Aadapula yang lupa membaca di malam hari dan baru teringat ketika keesokan harinya.

Padahal, puasa Rajab memiliki banyak sekali keutamaan bagi siapa saja yang menunaikannya. Sebab, bulan Rajab merupakan satu dari sekian banyak bulan haram atau bulan istimewa dalam Islam.

“Kesepuluh puasa pada bulan-bulan terhormat, yaitu empat bulan: Muharram, Rajab, Dzulqa‘dah, dan Dzulhijjah. Bulan paling utama adalah Ramadhan, kemudian Muharram, lalu Rajab, selanjutnya Dzulhijjah, kemudian Dzulqa‘dah, lalu Sya‘ban. Ucapan mereka dilihat secara zahir mengatakan bahwa pada bulan selain yang disebutkan kesunahannya sama.” (Lihat Syekh Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyyah, 2002 M/1422 H], cetakan pertama, halaman 192).

Lantas, bagaimana hukum orang yang membaca niat puasa Rajab di siang hari? Apakah masih diperbolehkan melanjutkan puasa?

Hukum baca Niat Puasa Rajab di Siang Hari

Menukil dari NU Online, umat Muslim yang ingin mengerjakan puasa Rajab dan baru membaca niat di siang hari karena lupa diperbolehkan melanjutkan puasa.

Orang yang lupa membaca niat di malam hari bisa membacanya di siang hari ketika ia teringat saat itu juga.

Kewajiban membaca niat puasa di malam hari hanya berlaku untuk puasa wajib, yakni puasa Ramadhan. Sementara itu, membaca niat puasa Rajab di siang hari diperbolehkan karena termasuk puasa sunnah.

Meski demikian, perlu diperhatikan ketentuan ini berlaku jika seorang Muslim belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan, minum atau perbuatan lainnya yang membatalkan puasa sejak waktu subuh.

Trending 🔥 :  Short Link Penghasil Uang

Bacaan Niat Puasa Rajab Siang hari

Bacaan niat puasa Rajab siang hari berbeda dengan niat puasa di malam hari. Oleh karenanya, Anda jangan sampai keliru dalam membaca niat.

Untuk memudahkan, berikut bacaan niat puasa Rajab di siang hari latin beserta artinya.

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT.

Keutamaan Puasa Rajab 10 Hari

Berpuasa pada tanggal 1 Rajab memiliki pahala seperti puasa 1 bulan.
Puasa 3 hari (Kamis, Jumat, dan Sabtu) pada bulan Rajab seperti melakukan ibadah sepanjang 700 tahun.
Puasa 7 hari pada bulan Rajab akan dijauhkan dari 7 pintu neraka
Puasa 8 hari pada bulan Rajab akan dibukakan pintu surga baginya
Puasa 15 hari pada bulan Rajab maka akan diampuni dosa-dosa kecilnya
Puasa tanggal 27 Rajab akan memperoleh pahala seperti puasa 60 bulan.
Puasa 3 hari di akhir bulan Rajab dan berdoa sepanjang malam tersebut, maka akan mendapat pahala puasa serta pahala ibadah malam sepanjang 100 tahun.
Nah itu tadi bacaan niat puasa Rajab 2023 di siang hari yang bisa Anda baca.