Xavi Berambisi Sapu Bersih Gelar Musim Tahun Ini

Manajer Barcelona, Xavi enggan menyebut timnya sebagai kandidat utama juara La Liga musim 2022/23. Ia menilai sang rival, Real Madrid lebih difavoritkan untuk menjadi juara La Liga musim ini.

Sejak musim 2022/23 dimulai, Real Madrid dan Barcelona kembali bersaing sengit untuk gelar juara La Liga. Kedua raksasa Spanyol itu tampil dengan apik dan bersaing di puncak klasemen.

Namun beberapa bulan terakhir, performa Real Madrid mulai inkonsisten. Alhasil mereka kini tertinggal delapan poin dari Barcelona.

Ketika ditanya apakah Barcelona jadi favorit juara musim ini, Xavi menyanggahnya. “Kami memang salah satu kandidat untuk menjadi juara [La Liga], namun tim favoritnya tetap sang juara bertahan, Real Madrid,” ujar Xavi yang dikutip Sportsmole.

Jalan Masih Panjang
Menurut Xavi, hanya karena Barcelona unggul delapan poin dari Real Madrid bukan berarti Barcelona jadi calon kuat juara La Liga musim 2022/23.

Ia menilai musim 2022/23 masih panjang sehingga timnya harus tetap jaga fokus hingga akhir.

“Saya tidak melihat tim kami sebagai tim favorit untuk menjadi juara. Kita masih berada di bulan Februari dan ada banyak pertandingan berat menanti kami,” sambung sang manajer.

Waspadai Kebangkitan Madrid
Xavi juga menyebut bahwa Real Madrid tidak boleh dicoret dari perburuan gelar juara La Liga musim 2022/23. Ia menyebut El Real lebih dari sekedar sanggup untuk bangkit dan menyalip perolehan poin Barcelona.

“Kita tidak boleh lengah. Yang kami hadapi adalah Madrid dan mereka sanggup mengalahkan tim manapun,” sambung Xavi.

“Kita juga tahu bahwa di La Liga ada banyak kisah di mana tim-tim mampu bangkit dan mengejar ketertinggalan. Jadi kami harus menghindari itu semua,” ia menandaskan.

Laga Berikutnya
Barcelona akan melanjutkan perjalanan mereka di La Liga pada pekan depan.

Trending 🔥 :  Laga Napoli Vs Cremonese 2-2 Berakhir Adu Penalti

Mereka akan bertandang ke La Ceramica untuk berhadapan dengan Villarreal.

Barca sukses mencukur tamunya Sevilla tiga gol tanpa balas di Estadio Camp Nou, Senin (6/2/2023) dini hari WIB tadi. Ketiga gol Los Azulgrana dibukukan oleh Jordi Alba, Gavi dan Raphinha.

Purna laga Xavi mengeklaim, Barca berpeluang besar menjuarai titel La Liga Spanyol setelah jarak perolehan angka mereka dengan Real Madrid terpaut delapan poin.

“Kami telah melewati pertandingan tak terkalahkan dan penting untuk menang. Segalanya berjalan baik, karena kerja pemain luar biasa,” kata Xavi menegaskan dilansir Forbes.

Kemenangan atas Sevilla disebut sebagai permainan kunci Barca untuk meninggalkan Madrid di belakang dalam perburuan gelar liga.

Pasalnya saat ini Barca menduduki kursi teratas dengan perolehan angka 53 dari 20 pertandingan via 17 menang, dua imbang dan sekali kekalahan. Sedangkan Madrid, yang baru takluk di tangan Real Mallorca tertahan di kursi kedua mengumpulkan nilai 45 dari 14 menang, tiga seri dan tiga kalah.

Meski begitu entrenador berusia 43 tahun meminta Robert Lewandowski untuk tetap menjaga fokus. Sebab masih ada pertandingan tersisa dan Madrid tetap menjadi salah satu tim favorit.
“Favorit tetapi Madrid, yang merupakan juara bertahan liga dan Liga Champions. Tapi skuat kami memiliki kualitas dan kapasitas untuk memenangkan semua gelar,” sambung Xavi.

Barcelona masih berada dalam perebutan gelar juara di tiga kompetisi berbeda yakni La Liga Spanyol, Copa del Rey dan Liga Europa.

Selanjutnya Los Cules akan berjumpa Villarreal pada jornada ke-21 akhir pekan nanti sebelum bentrok melawan Manchester United (MU) di ajang Liga Europa pada 17 Februari mendatang.