Vietnam Berhasil Bungkam Thailand Dengan Strategi Park Hang-Seo

Pelatih Vietnam Park Han-seo membeberkan strateginya untuk mengalahkan Thailand di leg kedua final Piala AFF 2022.

Duel antara Thailand dan Vietnam pada laga kedua Final Piala AFF 2022 akan berlangsung pada Senin (16 Januari 2023) pukul 19.30 WIB di Stadion Thammasat.

Menjelang pertandingan, Park Hang-seo menegaskan bahwa ia selalu memiliki keyakinan timnya bisa menang atas Thailand di markas tim berjuluk Gajah Perang itu.

“Kami sudah sering melawan Thailand. Pada 2018, Vietnam melakoni laga tandang melawan Thailand dan menang,” kata Park Hang-seo.

“Saya selalu memiliki kepercayaan bahwa saya bisa menang di Thailand,” tutur pelatih asal Korea Selatan ini, dilansir dari Bongda24h.

Park Hang-seo pun sudah memiliki strategi agar Vietnam berhasil mengalahkan Thailand pada leg kedua final Piala AFF 2022.

Salah satunya adalah dengan mematikan pergerakan Theerathon Bunmathan yang sebelumnya menghasilkan assist untuk dua gol Thailand.

“Banyak situasi berbahaya Thailand datang dari pemain nomor tiga. Dia adalah pemain kunci, memimpin jalan Thailand,” kata Park Hang-seo.

“Pada babak pertama, gelandang kami memblokir dengan baik, tetapi pada babak kedua ada beberapa situasi yang terlewatkan,” ucap dia.

“Di leg kedua, kami memiliki rencana untuk menghentikan Theerathon,” tutur Park Hang-seo.

Vietnam dan Thailand bermain imbang pada leg pertama final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Jumat (13/1/2023).

Skuad asuhan Park Hang-seo sempat tertinggal 1-2 sebelum akhirnya Vu Van Thanh mencetak gol dan membawa Vietnam menyamakan skor menjadi 2-2.

Berkat hasil imbang tersebut, Thailand berada di posisi yang lebih diuntungkan. Thailand setidaknya perlu meraih hasil imbang dengan skor di bawah 2-2 untuk menjadi juara.

Mereka juga akan menjadi juara jika meraih kemenangan, berapa pun skornya. Di sisi lain, Vietnam juga memerlukan kemenangan untuk mengunci gelar juara Piala AFF 2022.

Trending 🔥 :  LikeIt Lite Apk Penghasil Uang

Vietnam minimal perlu mengulangi hasil imbang 2-2 untuk memperpanjang napas hingga babak tambahan waktu atau adu penalti.

Apabila mampu memaksakan hasil imbang dengan skor di atas 2-2 seperti 3-3, 4-4, dan seterusnya, Vietnam akan menjadi juara berkat keunggulan gol tandang.

Bermain di depan puluhan ribu pendukung mereka, Thailand langsung tancap gas. Anak asuh Mano Polking itu langsung membombardir gawang sang tamu dengan serangan-serangan mereka.

Thailand langsung membuat peluang berbahaya pertama di menit kelima melalui sang penyerang Adisak Kraisorn yang berhasil merebut bola dari bek Vietnam. Namun sayangnya tembakannya masih melebar di samping gawang Vietnam.

Vietnam bukannya tanpa perlawanan. Anak asuh Park Hang-Seo itu beberapa kali menebar ancaman namun sayang penyelesaian akhirnya belum maksimal.

Setelah membuat beberapa percobaan, Thailand akhirnya mencetak gol di menit ke-24. Sang kapten, Theerathon Bunmathan mendapatkan umpan pendek dari Adisak Kraisorn sebelum melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang gagal dihalau kiper Thailand. Skor 1-0 berubah untuk keunggulan Thailand.

Tertinggal 1-0, Vietnam mencoba meningkatkan tempo permainan mereka. Nguyen Tien Linh nyaris menyamakan kedudukan tiga menit berselang, andai ia bisa memaksimalkan peluang di kotak penalti Thailand.

Jual beli serangan terus berlanjut namun kedua tim kesulitan mencetak peluang berbahaya lagi. Skor 1-0 menutup babak pertama partai leg kedua final Piala AFF 2022 tersebut.