Turki Dilanda Gempa Bumi, Simak Jenis-Jenis Gempa Yang Sering Terjadi!


Warning: Undefined array key "tie_hide_meta" in /home/u992852709/domains/allaeps.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Warning: Trying to access array offset on value of type null in /home/u992852709/domains/allaeps.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Gempa dengan magnitude 7,8 yang melanda Turki dan Suriah, Senin (06/02/2023) menimbulkan banyak korban jiwa. Catatan sementara sampai Selasa (07/02/2023) korban gempa Turki dan Suriah mencapai tak kurang 3.823 jiwa. Gempa Turki ini termasuk jenis gempa apa ?

Gempa bumi merupakan sebuah guncangan hebat yang menjalar ke permukaan bumi yang disebabkan oleh gangguan di dalam litosfir (kulit bumi). Berdasarkan penyebabnya berikut adalah jenis-jenis gempa.

Gempa yang mengguncang Turki ini tergolong besar, berdasarkan magnitudonya sebesar 7,8. Gempa ini mengguncang hingga 100 kilometer dari garis patahan, menyebabkan kerusakan serius pada bangunan-bangunan di sekitar patahan.

“Dari gempa-gempa paling mematikan pada tahun-tahun tertentu, hanya dua di antaranya yang berkekuatan sama dalam 10 tahun terakhir, lalu empat gempa bumi pada 10 tahun sebelumnya lagi,” kata Kepala Institut pengurangan Risiko dan Bencana di University College London Profesor Joanna Faure Walker.

Gempa Tektonik

Gempa Tektonik adalah gempa yang disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik. Lempeng tektonik bumi kita ini terus bergerak, ada yang saling mendekat saling menjauh, atau saling menggeser secara horizontal. Karena tepian lempeng yang tidak rata, jika terjadi gesekan, maka timbullah friksi. Friksi ini kemudian mengakumulasi energi yang kemudian dapat melepaskan energi goncangan menjadi sebuah gempa.

Gempa Vulkanik

Gempa Vulkanik adalah gempa yang disebabkan oleh kegiatan gunung api. Magma yang berada pada kantong di bawah gunung mendapat tekanan dan melepaskan energinya secara tiba-tiba sehingga menimbulkan getaran tanah. Gempa vulkanik dapat menjadi gejala/petunjuk akan terjadinya letusan gunung berapi. Namun gempa vulkanik ini biasanya tidak merusak karena kekuatannya cukup kecil, sehingga hanya dirasakan oleh orang-orang yang berada dalam radius yang kecil saja dari sebuah gunung api.

Trending 🔥 :  Terkait Bencana Gempa Turki, Muhammadiyah Imbau Untuk Shalat Ghaib Bagi Umat Islam

Gempa Runtuhan

Gempa Reruntuhan adalah gempa lokal yang terjadi apabila suatu gua di daerah topografi karst atau di daerah pertambangan runtuh atau massa batuan yang cukup besar di sebuah lereng bukit runtuh/longsor. Kekuatan gempa akibat runtuhan massa batuan ini juga kecil sehingga tidak berbahaya.

Gempa Buatan

Gempa Buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Misalnya dalam kegiatan eksplorasi bahan tambang atau untuk keperluan teknik sipil dalam rangka mencari batuan dasar (bedrock) sebagai dasar pondasi bangunan. Kekuatannya juga kecil sehingga tidak menimbulkan bahaya bagi manusia dan bangunan.

Gempa Turki terjadi Senin (06/02/2023) pukul 04.17 waktu setempat dengan pusat gempa di Kahramanmaras, Provinsi Gaziantep. Gempa Turki berdasarkan penyebabnya termasuk Gempa Tektonik.

Gempa sering terjadi Turki karena negara itu berada jalur gempa yang termasuk paling aktif di dunia. Di Turki terdapat dua patahan di Lempeng Anatolia. Patahan Anatolia Utara membentang antara Lempeng Anatolia dan Lempeng Eurasia di sebelah utara daratan Turki. Sedangkan , Patahan Anatolia Timur yang membentang di sepanjang Lempeng Arab hingga bagian tenggara Turki. Pergerakan di Patahan Anatolia Timur diduga menjadi penyebab gempa Turki.