Terkait Rangkap Jabatan Erick Thohir Sebagai Ketua PSSI, Begini Ungkapan Stafsus Mentri BUMN


Warning: Undefined array key "tie_hide_meta" in /home/u992852709/domains/allaeps.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Warning: Trying to access array offset on value of type null in /home/u992852709/domains/allaeps.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Arya Sinulingga, staf khusus Menteri BUMN Erick Thohir, telah menerima kepemimpinan di kementerian setelah terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Eric terpilih dalam Rapat Sementara atau KLB PSSI yang digelar tertutup pada Kamis 16 Februari 2023 di Sangrila, Jakarta.

Soal Erick yang merangkap jabatan, Arya memastikan bahwa bosnya di BUMN itu sudah terbiasa melakukan pekerjaan yang besar. “Sudah biasa lah beliau. Bangun tim kuat, lalu jalankan pekerjaan sesuai target-target roadmap. Itu yang dilakukan di BUMN, juga akan dilakukan di PSSI,” ujar dia kepada Tempo pada Jumat, 17 Februari 2023.

Menurut Arya, PSSI adalah organisasi olahraga, dan banyak juga menteri yang pernah merangkap jabatan dengan Ketua Umum PSSI.

Dia lalu mencontohkan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat pada Kabinet Pembangunan VI era Presiden Soeharto, Azwar Anas dan Menteri Koordinator Politik, Sosial dan Keamanan Kabinet Persatuan Nasonal era Presiden Abdurrahman Wahid, Agum Gumelar.

“Sudah berapa menteri juga yang pegang organisasi olahraga sejak zaman Soeharto sampai hari ini? Banyak,” kata dia.

Dalam KLB PSSI Erick Thohir terpilih dengan perolehan 64 suara dari 86 suara. Dia mengalahkan mantan Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mahmud Mattalitti yang hanya mendapatkan 22 suara di kongres.

Setelah terpilih, ia menekankan bahwa sepak bola Indonesia sepatutnya harus bersih lebih dulu baru bicara soal prestasi. “Tidak mungkin kita bicara prestasi ketika sepak bolanya tidak bersih dan ini tidak mudah,” ujar Erick Thohir pada jumpa pers pertamanya sebagai Ketua Umum PSSI 2023-2027, kemarin.

Presiden klub Italia Inter Milan 2013-2016 itu sebelumnya meminta kepada seluruh pihak yang berkaitan dengan sepak bola nasional untuk memupuk nyali. “Kita bernyali untuk sepak bola yang bersih dan berprestasi,” ujar Erick Thohir, dikutip dari potongan video yang dia unggah di Instagram resmi @erickthohir, Ahad, 15 Januari 2023.

Trending 🔥 :  Simak Gempa Terkini Purwakarta Yang Diguncang Gempa 3,6 M

Erick Thohir mengaku butuh nyali untuk membersihkan PSSI dari tangan-tangan kotor. “Ke depan, jangan ada tangan-tangan kotor di sepak bola Indonesia,” imbuhnya.

Menurut Erick, keberanian sangat penting karena tidak ada lagi waktu untuk mengutarakan teori saja. Semua orang harus bekerja keras untuk mencapai cita-cita tersebut. Namun, setelah terpilih sebagai Ketua Umum PSSI, Erick menyadari bahwa yang dibutuhkan bukan lagi nyali, melainkan bukti nyata.

“Kita tidak perlu berbicara nyali lagi tetapi bagaimana membuktikan bahwa kita memang berprestasi,” kata Erick Thohir.

Mahfud menyebut Erick Thohir sosok profesional di dunia sepakbola. Dia yakin Erick Thohir tak akan korupsi di PSSI.

“Pesan-pesan kepada Pak Erick Thohir sudah disampaikan melalui dokumen TGIPF kepada pemerintah. Saya juga sudah berdiskusi secara langsung dengan Erick Thohir. Kita tahu Pak Erick Thohir adalah orang profesional di sepakbola, tidak mencari makan dari PSSI, tetapi punya kecintaan dan impian tentang kemajuan PSSI,” tuturnya.

“Dia sudah sangat mampu untuk membiayai dirinya sendiri mengurus PSSI tanpa harus korupsi. Kita yakini dia tidak akan korupsi dan tidak akan membiarkan terjadinya pasar gelap dalam pertandingan-pertandingan sepakbola kita,” lanjutnya.

Mahfud juga mengatakan seluruh rekomendasi TGIPF Tragedi Kanjuruhan sudah dilaksanakan. Termasuk dari sisi penegakan hukum dan tata pemerintahan.