Telat Masukan Ansu Fati, Xavi Merasa Menyesal Saat Laga Betis Vs Bacelona

Xavi Hernández menyesal tidak memasukkan Ansu Fati sejak awal melawan Real Betis. Barcelona harus menang adu penalti, tapi Fati membuat perubahan.
Barcelona harus mengalahkan Real Betis dengan telak di Stadion King Fahd pada babak semifinal Piala Super Spanyol dini hari WIB, Jumat (13 Januari 2022). El Barca melaju ke final setelah menang adu penalti 4-2.

Duel ini harus dituntaskan lewat adu penalti usai imbang 2-2. El Barca unggul lebih dulu lewat Robert Lewandowski di babak pertama. Selepas jeda, Betis menyetarakan angka lewat Nabil Fekir untuk memaksakan laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Di perpanjangan waktu, Ansu Fati sempat bikin Blaugrana kembali unggul. Namun kembali Betis tak menyerah dengan bisa menyamakan kedudukan dari Loren Moron.

Pada babak adu penalti, empat penendang Barcelona yaitu Lewandowski, Franck Kessie, Ansu Fati dan Pedris sukses menjalankan tugasnya.

Sementara di kubu Betis dua eksekutor Juanmi dan William Carvalho gagal. Hanya Loren Moron dan Willian Jose yang bisa bikin gol dari titik putih.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, mengaku menyesal telat memasukan Ansu Fati di laga ini. Fati baru dimasukannya menit ke-86.

Pemain 20 tahun langsung bikin perubahan dengan bikin gol di perpanjangan waktu. Ia tampil sangat baik meski diberi waktu bermain yang sedikit.

Dikutip dari WhoScored, ia bikin empat tembakan dan memiliki persentase umpan sukses sebesar 90 persen.

Xavi mengungkap dirinya harusnya memasukan Fati lebih cepat untuk mengubah situasi. Meski demikian, penampilan apik Fati ini cukup bikin Xavi semringah.

Fati masih menunjukkan punya potensi besar dalam musim yang kurang mengesankan untuknya. Pemain asal Spanyol ini baru bikin tiga gol dan tiga assist di musim ini.

Trending 🔥 :  Laga Real Betis Vs Barcelona 2-2

“Saya seharusnya memasukkan Ansu lebih cepat. Itu adalah kesalahan saya. Dia dalam kondisi yang baik dan saya senang untuknya,” ujar Xavi dikutip dari AS.

Babak Pertama

Barcelona mendominasi jalannya permainan di awal babak pertama. Pedri pun sempat mencetak gol pada menit ke-23. Namun, VAR menganulir gol ini karena Pedri sudah berada dalam posisi offside.

Barcelona akhirnya berhasil membuka keunggulan pada menit ke-40 lewat gol Lewandowski. Menerima umpan Ousmane Dembele, Lewandowski sukses menaklukkan Claudio Bravo lewat tembakan keduanya.

Di akhir babak pertama, Betis memperoleh peluang emas dari aksi Luiz Henrique. Namun, Marc-Andre ter Stegen dengan sigap mementahkan tembakan Henrique.

Babak Kedua

Kembali dari kamar ganti, Barcelona masih menguasai jalannya laga. Sayang, peluang emas yang didapat Lewandowski di awal babak kedua gagal membuahkan hasil.

Tempo permainan Barcelona mulai menurun. Hal ini dimanfaatkan Betis untuk bermain lebih agresif. Hasilnya, Fekir sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-77.

Empat menit berselang, Lewandowski sempat mencetak gol. Sayang, VAR lagi-lagi menganulirnya karena Ferran Torres sudah offside dalam proses serangan Barcelona.

Tak ada gol tambahan dari kedua tim di sisa waktu normal. Skor imbang 1-1 membuat pertandingan harus dilanjutkan ke babak extra time.