Simak Gempa Terkini Purwakarta Yang Diguncang Gempa 3,6 M

Tiga kali guncangan gempa melanda kabupaten Purwakarta, Minggu (22/1/2023). Berdasarkan informasi yang dipublikasikan oleh BMKG wilayah II melalui media sosialnya, guncangan pertama terjadi pukul 11.58 WIB.
Gempa pertama itu berkekuatan magnitudo 3,6, lokasi 6.73 LS – 107.34 BT, 22 kilometer barat dengan kedalaman 7 kilometer.

Selang satu menit atau pukul 11.59 WIB, gempa kedua berkekuatan magnitudo 2,9 terjadi dilokasi yang hampir sama yakni 6.69 LS – 107.34 BT, 18 kilometer barat daya dengan kedalaman 13 kilometer.

Dua menit kemudian, guncangan gempa ke tiga terjadi dengan kekuatan magnitudo 2,5 atau pada pukul 12.01 WIB di lokasi 6.72 LS – 107.34 BT, 21kilometer barat daya dan kedalaman 6 kilometer.

BMKG wilayah II menyebutkan, gempa pertama sebesar magnituod 3,6 dirasakan di Purwakarta III MMI, seperti di Cikalongwetan Bandung Barat, kemudian di wilayah Cianjur seperti di daerah Karangtengah dan Ciranjang dan di kabupaten Purwakarta di daerah Darangdan dan Cirata.

Menurut Kepala BPBD Purwakarta, Yuddy Herdiana, sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya kerusakan atau dampak lain dari guncangan gempa itu.

“Alhamdulilah sampai saat ini belum ada laporan masuk kaitan dampak gempa tadi kang,” ujarnya singkat kepada media melalui pesan elektronik, Minggu (22/01/2023).

Yuddy mengimbau agar warga masyarakat jangan menimbulkan kepanikan berlebihan namun harus tetap waspada.

“Bagi yang merasakan getarannya mungkin akan ada kekhawatiran, akan tetapi tidak menimbulkan kepanikan berlebih,” katanya

Sementara Lisda Pramulyani, salah satu warga di Kecamatan Purwakarta Kota, mengatakan ia merasakan getaran namun tidak begitu lama.

“Pas lagi makan ko goyang-goyang, kirain aku yang pusing ternyata ada gempa,” katanya.

1. Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Secara Umum
Terdapat cara dasar untuk menyelamatkan diri saat gempa bumi. Saat terjadi gempa, cara terbaik untuk menyelamatkan diri adalah dengan metode drop, cover, hold on. Dengan kata lain, saat terjadi gempa Anda harus menurunkan posisi tubuh yang lebih rendah, mencari penutup kepala dan leher, dan tetap berada dan berlindung di tempat tersebut hingga gempa berhenti. Berikut penjelasannya:

a. Jatuhkan tubuh ke bagian tangan dan lutut sebelum gempa bumi menghantam Anda. Posisi ini dapat melindungi Anda dari jatuh dan tetap memungkinkan Anda untuk bergerak jika perlu.

b. Cari penutup kepala dan leher (dan seluruh tubuh Anda jika memungkinkan) yaitu di bawah meja atau meja yang kokoh. Jika tidak ada tempat berlindung di dekat Anda, bergeraklah menuju dinding bagian dalam atau di samping furnitur posisi rendah yang tidak akan menimpa Anda, dan tutupi kepala dan leher Anda dengan lengan dan tangan.

Trending 🔥 :  Telat Masukan Ansu Fati, Xavi Merasa Menyesal Saat Laga Betis Vs Bacelona

c. Tetap berlindung di tempat sampai guncangan berhenti. Bersiaplah untuk bergerak dari tempat berlindung Anda jika guncangan membuatnya bergeser atau rusak.

2. Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Apabila Berada di Dalam Rumah
Gempa bumi selalu datang tanpa melihat waktu dan tempat. Ketika anda berada di dalam rumah dan sedang terjadi gempa, tak perlu panik. Anda bisa melakukan cara penyelamatan diri sebagai berikut ini:

a. Jika memungkinkan, dalam beberapa detik sebelum guncangan semakin hebat, segera menjauh dari kaca, benda gantung, rak buku, lemari cina, atau furnitur besar lainnya yang bisa jatuh. Perhatikan benda yang jatuh, seperti batu bata dari perapian dan cerobong asap, perlengkapan lampu, hiasan dinding, rak tinggi, dan lemari dengan pintu yang bisa dibuka.

b. Jika tersedia di dekat Anda, ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah Anda dari puing-puing yang berjatuhan dan pecahan kaca.

c. Jika Anda berada di dapur, segera matikan kompor dan tutupi saat terjadi guncangan pertama.

d. Jika Anda di tempat tidur, tahan dan tetap di sana, lindungi kepala Anda dengan bantal. Lebih kecil kemungkinan terluka jika berlindung di tempat Anda berada. Perlu diingat, pecahan kaca di lantai dapat menyebabkan cedera jika Anda berjalan untuk menuju ke luar rumah.

e. Jangan berdiri di depan pintu. Anda bisa berlindung dengan lebih aman di bawah meja. Di rumah modern, ambang pintu tidak lebih kuat dari bagian rumah lainnya. Selain itu, pintu juga tidak dapat melindungi Anda dari kemungkinan sumber cedera.

3. Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa di Dalam Gedung Bertingkat
Selanjutnya, apabila anda berada di dalam gedung bertingkat dan sedang terjadi gempa. Anda bisa melakukan cara penyelamatan diri sebagai berikut:

a. Menjauh dari jendela dan dinding luar.

b. Tetap di dalam gedung.

c. Jangan gunakan elevator. Listrik bisa padam, dan sistem sprinkler bisa menyala sehingga bisa menimbulkan risiko lain yang berbahaya.

d. Jika Anda terjebak, tetap tenang. Cobalah untuk menarik perhatian seseorang dengan mengetuk bagian struktur yang keras atau logam. Cara ini dapat memudahkan Anda mendapatkan pertolongan untuk menuju tempat berlindung yang lebih aman.