Sergio Busquets Setara Pemain Bintang Lainnya Usai Bawa Barcelona Juara Piala Super Spanyol

Kapten Barcelona Sergio Busquets berhasil menyamai rekor Lionel Messi dan Sergio Ramos dalam laga El Clasico.

Itu terjadi setelah dia memainkan final Piala Super Spanyol melawan Real Madrid.

Barcelona menjuarai Piala Super Spanyol dengan mengalahkan Real Madrid 3-1 di Stadion King Fado di Riyadh, Arab Saudi, Senin (16 Januari 2023) dini hari WIB.

Piala Super Spanyol jadi trofi pertama yang berhasil didapatkan Barcelona pada musim 2022-2023 ini, sementara Real Madrid gagal mempertahankan gelar itu.

Laga El Clasico itu menjadi spesial untuk kapten Barcelona, Sergio Busquets, yang dipilih pelatih Xavi Hernandez menjadi starterĀ pada pertandingan tersebut.

Itu menjadi kali ke-45 Busquets berlaga di El Clasico, menyamai rekor Lionel Messi dan Sergio Ramos sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di El Clasico.

Debut Busquets dalam laga El Clasico datang pada musim 2008-2009 ketika Barcelona menang di Camp Nou. Ia masuk menggantikan Gudjohnsen.

Sejak saat itu, Busquets menjadi pemain kunci Barcelona dan berlaga dalam 44 laga El Clasico selanjutnya, serta telah meraih 21 kemenangan, 16 kali kalah, serta delapan hasil imbang.

Rekor ini hadir tak berapa lama setelah Busquets meraih pencapaian lain bersama Barcelona beberapa waktu lalu.

Busquets baru saja mencetak penampilannya yang ke-700 bersama Barcelona, dalam laga melawan Real Betis pada semifinal Piala Super Spanyol, Jumat (13/1/2023) .

Gelandang berusia 34 tahun tersebut menjadi pemain ketiga yang bermain 700 kali berseragam Barcelona, bersama dengan Messi (778 laga) dan Xavi (767 laga).

Yang menarik, ketiga pemain tersebut telah menjadi kapten untuk Barcelona dalam kariernya, Xavi pada musim 2014-15, Messi pada 2018-19 dan 2020-21, dan Busquets sejak 2021-22 hingga sekarang.

Trending šŸ”„ :  Aplikasi Sampingan Penghasil Uang

Dalam 701 pertandingan yang Busquets mainkan bersama Barcelona, ia mencetak 18 gol dan 40 assist untuk membantu tim meraih 486 kemenangan, seri 125 kali, dan kalah hanya 88 kali.

Pada musim keduanya sebagai kapten Barcelona, Busquets telah bermain dalam 18 pertandingan, 16 di antaranya sebagai starter dan meraih 89 persen kesuksesan operan.

Busquets masih bisa memecahkan rekor sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di El Clasico saat Barcelona menjamu Real Madrid pada 19 Maret 2023 mendatang.

Xavi juga mengungkapkan, Barcelona tak hanya memenangkan pertandingan, tapi bermain dengan cantik. Tak sedikit fans yang rindunya terobati setelah lama tidak melihat permainan cantik khas Barca.

“Anda mengalahkan Madrid dengan mendominasi permainan dan ini membuat para pemain percaya pada apa yang dilakukan staf. Itu meningkatkan moral,ā€kata Xavi.

Sementara pemain andalan Real Madrid Federico Valverde mengungkapkan, timnya tidak bermain sungguh-sungguh dalam laga bertajuk El Clasico itu. Dengan begitu, Real Madrid harus rela melihat sang rival tertawa bahagia usai laga final tersebut.

Valverde pun menyesalkan kurangnya usaha dari timnya untuk meraih gelar dari Arab Saudi. Menurutnya, Real Madrid tidak bersungguh-sungguh mengerahkan semua kemampuan.

“Kami tidak memiliki semangat itu. Untuk dinobatkan sebagai juara, Anda harus keluar dan memberikan 100 persen. Kami tidak melakukannya hari ini”, kata Valverde. ant