Pimpin Klasemen Begini Ungkapan Joan Laporta

Barcelona tengah memimpin klasemen Liga Spanyol 2022-2023 hingga pekan ke-20.

Barca memuncaki klasemen Liga Spanyol dengan raihan 53 poin. Tepat di bawahnya, ada Real Madrid dengan jarak 8 poin.

Barcelona juga sedang dalam kondisi stabil secara performa.

Sejak kekalahan Barca 1-3 dari Real Madrid pada 16 Oktober 2022, mereka belum tak terkalahkan dalam 11 laga di LaLiga.

Mereka meraih 10 kemenangan dan satu lainnya imbang saat menjamu Espanyol di Camp Nou.

Kondisi tersebut membuat Presiden Barcelona, Joan Laporta, percaya diri dengan gelar juara.

Joan Laporta bermimpi Barca juara Liga Spanyol musim ini.

“Saya bermimpi kami juara LaLiga musin ini dan kami sedang berada di jalur yang benar,” kata Joan Laporta dikutip Mundo Deportivo.

“Kami harus bekerja dan terus bekerja dengan baik, semua orang di sini mencoba membantu progres Barcelona,” ungkap dia.

Gelar untuk Barcelona tentu banyak mengubah kondisi tim yang sedang berbelit soal finansial.

Presiden LaLiga, Javier Tebas, bahkan memprediksi Barcelona masih akan kesulitan secara finansial pada beberapa musim mendatang.

Namun demikian, Joan Laporta optimistis dengan keberadaan Xavi Hernandez sebagai pelatih kepala.

“Kami bekerja dengan baik, kami mengamankan paruh musim dekat dengan gelar juara, memimpin 53 poin dan berjarak 8 poin dari peringkat kedua,” kata Joan Laporta dikutip Mundo Deportivo.

“Yang terjadi saat ini adalah kami masih butuh bekerja, mendedikasikan segalanya, dan komitmen penuh.”

“Xavi Hernandez luar biasa, faktanya adalah dia bergabung dalam kondisi sulit tetapi mampu membawa pemain-pemain ke jalan fantastis. Semua karena komitmen dan semangat tim,” tandasnya.

Barcelona berencana untuk merenovasi markas mereka Camp Nou. Hal tersebut membuat Blaugrana tak bisa menggunakan stadion berkapasitas 99.500 tempat duduk tersebut pada musim 2023/2024.

Trending 🔥 :  Hasil Laga Barcelona Vs Sevilla 3-0

Blaugrana terpaksa harus pindah kandang musim depan. Mereka memutuskan untuk menggunakan Estadi Lluis Companys untuk mengarungi musim 2023/2024.

Stadion yang masih berada di wilayah Barcelona tersebut lebih dikenal dengan nama Montjuic. Mountjuic sempat menjadi kandang rival sekota Barcelona, Espanyol pada rentang 1997-2009.

Espanyol kemudian pindah kandang ke RCDE Stadium yang merupakan stadion milik mereka sendiri. Sejak saat itu Montjuic tak dipakai oleh tim Liga Spanyol sebelum Barcelona menggunakannya.

Montjuic dibangun pada 1927 dengan kapasitas 55.926. Montjuic merupakan tipe stadion olympic yang punya lintasan Atletik di tepi lapangan.

Kapasitas Montjuic yang lebih kecil dari Camp Nou membuat Barcelona harus melakukan penyesuaian terkait penjualan tiket musiman. Dikutip dari Football Espana, El Barca hanya akan menjual 25.000 tiket musiman untuk laga kandang pada musim depan.

Pada saat ini Barcelona memiliki 83.000 pemegang tiket musiman. Pengurangan yang sangat besar harus dilakukan demi menyesuaikan kapasitas Montjuic.

Belum diketahui pasti bagaimana pembagian jatah tiket musiman Barcelona di musim depan. Mengingat nantinya para pemegang tiket musiman sebelumnya sebagian besar takkan mendapat kuota tersebut di musim depan.