Persebaya Bermain Ciamik Di Kandang Usai Menjamu Borneo Fc

Persebaya Surabaya mencetak kemenangan dramatis atas Borneo FC pada pekan ke-22 laga Liga 1 BRI 2022/2023 di Stadion Gelora Joko Samudro, Jumat (3/2/2023) siang WIB.

Pertandingan berlangsung intens, tetapi babak pertama cukup membosankan. Baru pada babak kedua permainan menjadi menarik.

Gol-gol Persebaya dicetak Sho Yamamoto, Alta Ballah, dan Ahmad Nufiandani. Sementar gol Borneo dihasilkan Matheus Pato dan Agung Prasetyo.

Dengan hasil ini, Persebaya sekarang mengoleksi 34 angka tapi masih tertahan di peringkat tujuh klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023. Sementara itu Borneo FC turun ke peringkat lima dengan raihan 36 angka.

Babak Pertama
Persebaya Surabaya dan Borneo FC sama-sama tampil terbuka sejak menit pertama. Duel berlangsung dengan tempo sedang.

Akan tetapi kedua tim sama-sama kesulitan membangun serangan berbahaya. Namun kerugian kemudian

dialami oleh Borneo FC. Pasalnya gelandang andalan mereka yakni Kei Hirose mengalami cedera dan harus ditarik keluar pada menit ke-18 dan digantikan Ambrizal Umanailo.

Peluang apik akhirnya tercipta pada menit ke-28. Ze Valente melepas tendangan bebas dari sayap kanan dengan kaki kirinya. Bola disambut dengan tandukan oleh Sho Yamamoto di tengah kotak penalti. Namun bola masih mengarah tepat ke pelukan kiper Angga Saputro.

Sayangnya untuk Persebaya, pada menit ke-36 mereka juga harus kehilangan pemain andalannya yakni Paulo Victor. Ia tampak mengalami cedera dan harus digantikan Michael Rumere.

Menit ke-41 Borneo mendapat peluang cukup bagus. Dari sisi kiri tengah lapangan, Abdul Rahman melepas tendangan bebas ke kotak penalti. Bola ditanduk Agung cukup bebas, tapi sayang arahnya masih melebar ke sisi kiri gawang Persebaya.

Pada akhirnya tak ada gol tercipta sampai turun minum. Persebaya Surabaya 0-0 Borneo FC.

Babak Kedua
Di babak kedua, Persebaya Surabaya dan Borneo FC kembali saling adu serangan. Beberapa peluang langsung tercipta dari kedua kubu.

Tapi Borneo yang mendapat peluang emas dulu, tepatnya pada menit ke-51. Ia berhasil mendapat ruang tembak di dalam kotak penalti dari sisi kanan. Ia coba membidik ke tiang jauh dengan bola mendatar tapi Ernando Ari dengan sigap bisa menepis bola. Good save!

Trending 🔥 :  Ini Yang Ditunggu Erik Ten Hag Jelang Man United Vs Newcastle

Borneo FC akhirnya bisa menjebol gawang Persebaya pada menit ke-56. Ernando Ari terburu-buru keluar dari sarangnya untuk mengadang laju Matheus Pato, padahal sudah ada Riswan yang mengawalnya. Ternyata Pato bisa menghindar dari adangan Ernando dan kemudian dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong. 0-1!

Tertinggal satu gol, Persebaya meningkatkan agresivitasnya. Usaha mereka akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-79. Sho Yamamoto melepas tembakan keras dari ujung kotak penalti. Peluang itu ia dapatkan setelah barisan pertahanan Borneo gagal membuang bola umpan silang dari kiri dengan sempurna. 1-1!

Dua menit kemudian, Persebaya bisa berbalik unggul. Alta Ballah bermaksud mengirim umpan silang dari sisi kiri dalam kotak penalti. Namun bola berbelok masuk ke gawang usah membentur salah satu pemain Borneo FC. 2-1!

Namun keunggulan Persebaya tak bertahan lama. Pada menit ke-84 Borneo FC bisa menyamakan skor. Agung Prasetyo dengan tanpa kawalan bisa menanduk bola umpan sepak pojok Fano Lilipaly dari sebelah kiri gawang Bajul Ijo. 2-2!

Namun Persebaya tak mau laga berakhir imbang. Mereka menekan dan akhirnya bisa mencetak gol pada menit 90+3. Ia menjebol gawang Borneo dengan mudah, memanfaatkan umpan Sho Yamamoto di dalam kotak penalti. Gol ini tercipta karena pemain Bajul Ijo sukses mematahkan jebakan offside lawan dengan cerdik. 3-2!

Skor ini bertahan sampai laga berakhir. Persebaya Surabaya 3-2 Borneo FC.

Susunan Pemain
Persebaya Surabaya: Ernando Ari; Koko Ari, Rizky Ridho, Riswan Lauhin, M Hidayat, Alwi Slamat, Alta Ballah, Ze Valente, Sho Yamamoto, Saiful, Paulo Victor

Pelatih: Aji Santoso

Borneo FC: Angga Saputro, Abdul Rahman, Diego Michels, Agung Prasetyo, Julio Cesar, Hendro Siswanto, Jonathan Bustos, Stefano Lilipaly, Kei Hirose, Adam Alis, Matheus Pato.

Pelatih: Andre Gaspar