Pemain-Pemain Asal Australia Yang Bermain Di Premier League

Liga Premier Inggris (EPL) adalah liga top Eropa yang sering dikunjungi oleh pemain Australia. Faktor kesamaan bahasa membuat pemain Australia lebih mudah beradaptasi dengan Inggris, tak heran jika ada belasan pemain Australia yang berkarier di EPL.

Jumlah pemain Australia di EPL belakangan ini memang sudah tak sebanyak dulu. Namun, kisah para pemain dari negeri kanguru di EPL masih berlanjut hingga kini. Inilah lima pemain terakhir dari Australia yang membela klub EPL.

1. Aaron Mooy

English Premier League (EPL) adalah liga top Eropa yang sering disambangi pemain dari Australia. Faktor kesamaan bahasa membuat pemain Australia lebih mudah beradaptasi di Inggris. Tak heran ada puluhan pemain Australia yang pernah barkarier di EPL.

Jumlah pemain Australia di EPL belakangan ini memang sudah tak sebanyak dulu. Namun, kisah para pemain dari negeri kanguru di EPL masih berlanjut hingga kini. Inilah lima pemain terakhir dari Australia yang membela klub EPL.

1. Aaron Mooy

Aaron Mooy adalah gelandang yang pernah berkarier di EPL selama 4 tahun. Mooy sempat menjadi pemain Manchester City meski tidak tampil sekali pun. Ia juga pernah membela Huddersfield Town serta Brighton & Hove Albion.

Terakhir kali Mooy bermain di EPL adalah musim 2019/2020. Selama berkarier di Inggris, Mooy mencatat total 96 penampilan di EPL dengan 9 gol dan 6 assist. Saat ini Mooy sedang melanjutkan karier di Skotlandia bersama Celtic FC.

2. Mathew Ryan

Mathew Ryan adalah penjaga gawang senior yang menjadi kapten Timnas Australia. Ia tampil penuh dalam empat laga Australia di Piala Dunia 2022 Qatar. Ryan sudah mencatat 79 caps sejauh ini hingga menjadi pemain aktif Australia dengan caps terbanyak.

Trending 🔥 :  Pemain Bintang Di Premier League Yang Dulu Sempat Dibuat!

Di level klub, Ryan pernah bermain di EPL selama 4 musim. Ia berseragam Brighton pada 2017–2021 dengan total 123 penampilan. Pada musim terakhirnya di Brighton, Ryan juga sempat dipinjamkan ke Arsenal selama setengah musim dan tampil tiga kali bagi The Gunners.

3. Caleb Watts

Berikutnya, ada Caleb Watts, gelandang Australia berusia 21 tahun jebolan akademi Southampton. Watts masuk tim utama Southampton pada 2021. Ia sempat tampil empat kali bersama Southampton sebelum dipinjamkan ke klub-klub lain.

Musim ini, Watts sedang dipinjam Morecambe yang bermain di divisi ketiga Liga Inggris. Ia sudah tampil 24 kali bersama Morecambe dan mencetak 3 gol serta 3 assist. Watts punya potensi untuk jadi pemain andalan Southampton suatu saat nanti.

4. Tyrese Francois

Pada musim 2022/2023 ini, masih ada pemain Australia yang membela klub EPL. Salah satunya Tyrese Francois, gelandang berusia 22 tahun. Francois sedang memperkuat Fulham sejak lulus dari akademi The Cottagers pada 2019.

Sejauh ini, Francois baru tampil 9 kali bersama Fulham, termasuk 2 penampilan di EPL. Pada bursa transfer Januari 2023, Francois baru kembali dari peminjaman. Namun, ia belum tampil lagi bersama Fulham.

5. Harry Souttar

Harry Souttar baru bergabung ke klub EPL pada bursa transfer Januari 2023. Ia didatangkan Leicester City dari klub divisi Championship, Stoke City. Souttar sendiri adalah bek tengah 24 tahun yang memiliki tinggi badan hampir 2 meter.

Dengan tinggi badannya, Souttar potensial jadi bek tengah jempolan di EPL. Sejak bergabung, Souttar sudah mencatat debut bersama Leicester di pekan ke-22 EPL. Ia tampil 90 menit dan turut membantu Leicester menang 4-2 atas Aston Villa.