Manchester City Berhasil Puncaki Klasemen Liga Inggris

Manajer Manchester City Pep Guardiola ingin anak-anaknya tetap membumi dan melupakan dirinya sendiri setelah sukses mengambil alih kendali klasemen Premier League 2022/2023 yang sudah lama dikuasai Arsenal.

Kemenangan vital 3-1 atas tuan rumah Arsenal pada laga tunda pekan ke-12 Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Kamis (16/2/2023) dini hari WIB membuat Manchester City naik ke puncak klasemen.

Manchester City dan Arsenal mempunyai poin sama 51 di pucuk, namun pasukan Guardiola unggul selisih gol.

Meski moral tim Manchester City tentunya sangat melonjak usai kemenangan penting ini, Guardiola mengatakan bahwa Arsenal masih memiliki satu laga tunda lagi yang belum dimainkan. Jika menang nantinya, Arsenal akan unggul tiga angka dari Manchester City dengan jumlah pertandingan yang sama.

Guardiola menilai pertarungan memperebutkan gelar juara akan makin sengit ke depannya.

“Kami menang di Emirates melawan Arsenal yang mencetak 50 poin di putaran pertama (Liga Inggris 2022/2023). Mereka masih mempunyai satu pertandingan sisa, jadi saya menganggap mereka berada di puncak,” tutur Guardiola seperti dimuat Tribal Football, Kamis (16/2/2023).

“Apalagi masih ada banyak laga yang masih harus dimainkan, termasuk di Liga Champions dan Liga Europa. Ini akan sulit bagi semua orang. Kami sendiri wajib tetap fokus dan waspada. Kami tak boleh terbuai,” sambung pelatih asal Spanyol itu.

“Ya, tentu saja, ini masih jauh dari kata selesai,” tukas Guardiola terkait persaingan juara timnya dengan Arsenal.

Selanjutnya Manchester City akan berusaha mempertahankan puncak klasemen saat tandang ke markas Nottingham Forest pada lanjutan Liga Inggris, Sabtu (18/2/2023) malam WIB.

Sementara Arsenal jelas tidak ingin tercecer dari rivalnya dengan memburu kemenangan saat melawat ke kandang Aston Villa di hari yang sama.

Trending ūüĒ• :  Definisi Tuntutan Penjara Seumur Hidup Menurut KUHP

Tahta klasemen Liga Inggris yang belasan minggu dikuasai Arsenal pun kini ditempati Manchester City.

Kekalahan dari Erling Haaland dkk pun membuat Arsenal gagal meraih kemenangan dalam empat laga beruntun di semua ajang kompetisi.

Menurut Thierry Henry, The Gunners harus segera menunjukkan determinasi untuk kembali memimpin jalur perebutan gelar juara Liga Inggris.

‚ÄúSaya pikir pertandingan di Piala FA sangat berpengaruh, karena kemenangan penting ketika melawan tim yang jadi lawan Anda untuk memperebutkan gelar,‚ÄĚ katanya dikutip dari Mirror.

‚ÄúSekarang mereka telah datang ke markasmu dan mereka telah mengalahkanmu, dapatkah kamu sekarang menunjukkan bahwa kamu dapat merespons hal itu?”

“Pasalnya, sejak awal musim, City sudah harus merespons apa yang dilakukan Arsenal.”

“Bisakah Anda tetap tenang, pergi ke Aston Villa dan langsung memperbaiki situasi di akhir pekan nanti?”

“Dan tunjukkan bahwa Anda dapat memberikan perlawanan di sana, karena sekarang akan sangat sulit,” jelas Henry.

Perebutan gelar juara Liga Inggris ini bukan hanya soal Arsenal dan Manchester City.

Manchester United pun kini mengintai di peringkat ketiga.

Mereka hanya tertinggal lima poin dari tim Meriam London dan The Citizens.