Leg Kedua Berakhir, Thailand Juarai AFF 2022 Usai Melawan Vietnam

Thailand menjadi juara Piala AFF 2022 dengan mengalahkan Vietnam 1-0 pada leg kedua final pada Senin 16 Januari 2023 di Stadion Thammasat.

Hasilnya melihat sisi Alexandre Polking menang agregat 3-2 setelah bermain imbang 2-2 di kandang Vietnam Jumat lalu.

Gol tunggal Theerathon Bunhathan pada menit ke-24 menjadi penentu kemenangan. Dia berhasil menjebol gawang yang dikawal Dang Van Lam setelah memanfaatkan assist dari Adisak Kraisorn.

Di laga ini, pelatih Polking memasang duet Poramet Arjvirai dan Kraisorn di lini depan. Penyerang andalan mereka Teerasil Dangda kembali jadi pemain cadangan.

Seperti komentarnya menjelang pertandingan leg kedua final, Polking tetap menginstruksikan timnya bermain agresif meski mereka bisa memiliki keuntungan unggul dua gol tandang.

Dengan kemenangan ini, Thailand berhasil mempertahankan gelar juara Piala AFF, sekaligus memperpanjang rekor sebagai tim paling banyak menjadi juara di kejuaraan level Asia Tenggara ini. Gelar juara Piala AFF 2022 ini adalah kali ketujuh bagi mereka.

Keberhasilan ini juga membuat Alexandre Polking menjadi pelatih pertama yang berhasil mempertahankan gelar Piala AFF sejak Kiatisuk Senamuang membawa Thailand juara beruntun pada 2014 dan 2016.

Sementara, kekalahan Vietnam ini membuat ambisi Park Hang-seo untuk bisa mempersembahkan gelar kedua Piala AFF untuk tim asuhannya setelah 2018, gagal diwujudkan. Duel final Piala AFF 2022 leg kedua ini menjadi pertandingan terakhir bagi pelatih asal Korea Selatan ini yang habis kontraknya akhir Januari ini.

Park Hang-seo pun sudah memiliki strategi agar Vietnam berhasil mengalahkan Thailand pada leg kedua final Piala AFF 2022.

Salah satunya adalah dengan mematikan pergerakan Theerathon Bunmathan yang sebelumnya menghasilkan assist untuk dua gol Thailand.

Trending 🔥 :  Laga Thailang Vs Vietnam 1-0

“Banyak situasi berbahaya Thailand datang dari pemain nomor tiga. Dia adalah pemain kunci, memimpin jalan Thailand,” kata Park Hang-seo.

“Pada babak pertama, gelandang kami memblokir dengan baik, tetapi pada babak kedua ada beberapa situasi yang terlewatkan,” ucap dia.

“Di leg kedua, kami memiliki rencana untuk menghentikan Theerathon,” tutur Park Hang-seo.

Vietnam dan Thailand bermain imbang pada leg pertama final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Jumat (13/1/2023).

Skuad asuhan Park Hang-seo sempat tertinggal 1-2 sebelum akhirnya Vu Van Thanh mencetak gol dan membawa Vietnam menyamakan skor menjadi 2-2.

Berkat hasil imbang tersebut, Thailand berada di posisi yang lebih diuntungkan. Thailand setidaknya perlu meraih hasil imbang dengan skor di bawah 2-2 untuk menjadi juara.

Mereka juga akan menjadi juara jika meraih kemenangan, berapa pun skornya. Di sisi lain, Vietnam juga memerlukan kemenangan untuk mengunci gelar juara Piala AFF 2022.

Vietnam minimal perlu mengulangi hasil imbang 2-2 untuk memperpanjang napas hingga babak tambahan waktu atau adu penalti.

Apabila mampu memaksakan hasil imbang dengan skor di atas 2-2 seperti 3-3, 4-4, dan seterusnya, Vietnam akan menjadi juara berkat keunggulan gol tandang.

Bermain di depan puluhan ribu pendukung mereka, Thailand langsung tancap gas. Anak asuh Mano Polking itu langsung membombardir gawang sang tamu dengan serangan-serangan mereka.