Klopp Buka Suara Usai Kekalahan Liverpool Atas Brighton

Manajer Liverpool Jürgen Klopp angkat bicara pada WIB, Sabtu (14/01/2023) malam setelah tim memainkan pertandingan yang menghancurkan di kandang Brighton & Hove Albion.

Laga antara Brighton dan Liverpool yang digelar di Amex Stadium di Falmar, Inggris, merupakan bagian dari pekan ke-20 kasta tertinggi Liga Inggris musim 2022-2023.

Liverpool sejatinya datang ke markas Brighton dengan membawa misi kebangkitan. Sebab, pada laga sebelumnya, mereka takluk 1-3  dari Brentford.

Namun, misi kebangkitan Liverpool bisa dibilang gagal total. Mereka tak berdaya di hadapan tuan rumah Brighton dan harus rela mengakhiri laga dengan kekalahan 0-3.

Gol-gol yang menggalkan misi kebangkitan Liverpool dicetak oleh Solly March (46′, 53′) dan Danny Welbeck (81′).

Seusai pertandingan, Juergen Klopp selaku pelatih Liverpool tak kuasa menyembunyikan kekecewaannya.

Juergen Klopp mengatakan bahwa ini merupakan pertandingan terburuk yang pernah dimainkan Liverpool.

Setidaknya, itulah yang ia ingat setelah menelan hasil menyedihkan di markas Brighton & Hove Albion.

“Saya tidak yakin, mungkin karena pertandingan baru berakhir beberapa menit lalu, tapi saya tidak ingat ada pertandingan yang lebih buruk,” kata Juergen Klopp, dikutip dari Sky Sports.

Dalam pernyataannya, Juergen Klopp juga mengakui permainan apik yang ditampilkan tuan rumah Brighton.

“Brighton lebih baik sepanjang 96 atau 97 menit. Itu jelas, salah satu tim siap untuk menampilkan permainan yang sangat bagus, dan satu tim lainnya harus bergelut dengan diri mereka sendiri,” ujar Juergen Klopp.

Juergen Klopp turut menjelaskan sejumlah masalah yang ia nilai menjadi penyebab kekalahan Liverpool.

Menurut Juergen Klopp, skuad asuhannya tak mampu memenangi momen-momen krusial dan terlalu mudah kehilangan bola.

“Kami tidak bisa memenangi momen-momen penting, kami tidak memenangi duel, dan kami terlalu mudah kehilangan bola,” ucap Juergen Klopp.

Trending 🔥 :  Macan Putih Berhasil Menang Di Laga Persik Vs Madura United

Juergen Klopp mengatakan bahwa dirinya memiliki tanggung jawab penuh atas situasi yang terjadi di lapangan.

Pelatih asal Jerman itu mengakui bahwa formasi yang ia terapkan tidak berjalan dengan baik.

“Ini sepenuhnya tanggung jawab saya dengan formasi yang berbeda dan itu tak berhasil. Hasilnya buruk untuk ditonton,” tutur Juergen Klopp.

Kekalahan dari Brighton membuat Liverpool turun ke peringkat kesembilan klasemen Liga Inggris.

Liverpool tertahan dengan raihan 28 poin dari 18 laga. Kini, mereka memiliki riwayat delapan kemenangan, empat seri, dan enam kekalahan.

Artinya, Liverpool sudah kehilangan 26 poin pada Liga Inggris musim ini.

Angka tersebut telah melampaui jumlah poin yang luput dari genggaman Liverpool pada keseluruhan musim 2021-2022, ketika mereka finis di peringkat kedua.

Susunan Pemain

Brighton: Robert Sanchez; Pascal Gross, Lewis Dunk (Adam Webster 90+1′), Levi Colwill, Pervis Estupinan; Moises Caicedo, Alexis Mac Allister (Jeremy Sarmiento 83′); Solly March, Adam Lallana (Joel Veltman 66′), Kaoru Mitoma (Tariq Lamptey 90′); Evan Ferguson (Danny Welbeck 66′)

Liverpool: lisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip (Harvey Elliott 69′), Ibrahima Konate, Andy Robertson; Jordan Henderson (Joe Gomez 69′), Fabinho (Naby Keita 69′), Thiago Alcantara; Mohamed Salah, Cody Gakpo, Oxlade-Chamberlain (Ben Doak 68′)