Kemenangan Tipis AS Roma Atas Genoa Berkat Dybala

AS Roma mengalahkan Genoa 1-0 pada babak 16 besar Coppa Italia 2022/2023 di Olimpico dini hari Jumat 13 Januari 2023.

Setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, satu-satunya gol kemenangan Roma di laga ini dicetak oleh Paulo Dybala di babak kedua.

Berkat hasil ini, Roma pun berhak melaju ke babak perempat final untuk menghadapi pemenang laga Napoli vs Cremonese.

Jalannya Pertandingan

Roma mendominasi jalannya permainan. Sayang, sejumlah peluang yang didapat tuan rumah belum mampu dimaksimalkan menjadi gol. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Kembali dari kamar ganti, Jose Mourinho melakukan perubahan dengan memasukkan Paulo Dybala untuk menggantikan kapten tim, Lorenzo Pellegrini.

Dybala akhirnya mampu memecah kebuntuan Roma lewat golnya pada menit ke-64. Dybala melewati sejumlah pemain Genoa sebelum melepas tembakan kaki kiri keras yang menghujam gawang Josep Martinez.

Tak ada gol tambahan yang tercipta di sisa waktu. Skor 1-0 untuk kemenangan Roma menjadi hasil akhir pertandingan ini.

emenangan tipis itu pun dapat diraih berkat gol dari Pauly Dybala.

Sejatinya Roma dapat menguasai pertandingan dengan baik. Sejumlah peluang mampu tercipta, namun lini depan Roma kesulitan untuk mencetak gol. Alhasil, hanya peluang Dybala saja yang sukses menjadi gol. Dengan hasil itu, kini Roma tinggal menunggu pemenang Napoli vs Cremonese untuk menjadi lawan di perempatfinal.

Mengincar kemenangan, Roma langsung tancap gas tampil menyerang sejak menit-menit awal pertandingan. Mereka pun nyaris membuka papan skor saat laga baru berjalan tiga menit, tetapi sepakan Stepan El Sharaawy dari luar kotak penalti masih menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Setelah itu, hingga menit ke-20, Giallorossi –julukan Roma- terus mengancam Genoa lewat peluang yang didapat Gianluca Mancini dan Lorenzo Pellegrini. Namun, tiga peluang yang didapat oleh kedua pemain itu masih belum tepat sasaran.

Pada menit 33, Pellegrini lagi-lagi mendapatkan peluang emas. Sayangnya, tendangan yang dilepaskannya dari tengah kotak penalti yang menyambar tendangan bebas Nemanja Matic malah membentur mistar gawang.

Trending 🔥 :  Festival Dan Tradisi Imlek Yang Dinanti Direktur Indofood

Tak lama berselang, gantian Rossoblu –julukan Genoa- yang hampir menjebol gawang Roma. Guven Yalcin melesatkan tendangan keras dari jarak dekat tetapi hanya menggetarkan sisi luar dari jaring gawang Rui Patricio.

Memasuki lima menit terakhir babak pertama, Pasukan Jose Mourinho pun terus membombardir pertahanan Genoa. Akan tetapi, penyelesaian akhir yang buruk dari Marash Kumbulla dan Tammy Abraham membuat mereka gagal menorehkan satu gol pun hingga turun minum. Skor kaca mata pun bertahan di 45 menit pertama.

Roma tak mengendurkan serangan di awal babak kedua. Mereka pun hampir memecah kebuntuan pada menit 49, namun tandukan Abraham yang memanfaatkan crossing Nicola Zalewski bisa ditepis oleh Josep Martinez.

Paulo Dybala, yang baru masuk di babak kedua, juga lansung menorehkan peluang matang tiga menit kemudian. Sial bagi tuan rumah, tendangan kaki kiri bintang asal Argentina itu bisa dihalau oleh Josep Martinez.

Terus menyerang, akhirnya Giallorossi sukses menjebol gawang Genoa pada menit 64. Adalah Dybala yang membukukan namanya di papan skor dengan sepakan cantiknya yang mengarah ke pojok atas gawang. Roma unggul 1-0.

Susunan Pemain
Roma: Rui Patricio; Gianluca Mancini, Marash Kumbulla, Roger Ibanez; Nicola Zalewski (Zeki Celik 75′), Edoardo Bove (Bryan Cristante 62′), Nemanja Matic, Stephan El Shaarawy (Leonardo Spinazzola 62′); Nicolo Zaniolo (Benjamin Tahirovic 86′), Lorenzo Pellegrini (Paulo Dybala 46′); Tammy Abraham.

Pelatih: Jose Mourinho.

Genoa: Josep Martinez; Mattia Bani, Alessandro Vogliacco, Radu Dragusin; Stefano Sabelli, Pablo Galdames (Mattia Aramu 75′), Milan Badelj (Kevin Strootman 63′), Stefano Sturaro (Morten Frendrup 64′), Lennart Czyborra (Domenico Criscito 64′); Guven Yalcin, Massimo Coda (George Puscas 75′).

Pelatih: Alberto Gilardino.