Jumlah Kuota Prakerja Gelombang 48 Berkisar Hingga 10 Ribu Peserta

Pemerintah telah meluncurkan program kartu prakerja gelombang 48. Ini adalah program pertama tahun ini lagi pada Jumat (17/2/2023). Peserta sudah bisa mendaftar di website resmi www.prakerja.go.id.Program kartu prakerja gelombang 48 ini dibuka untuk 10 ribu peserta. Nantinya, masing-masing peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 4,2 juta, dengan rincian Rp 3,5 juta biaya pelatihan, Rp 600 ribu insentif transportasi dan internet, serta Rp 100 ribu insentif pengisian survei.

“Untuk itu seleksi program kartu prakerja gelombang ke-48 dapat dilakukan pendaftaran oleh peserta per hari ini Jumat , 17 Februari 2023 sekaligus memulai era baru bantuan kartu prakerja skema normal,” ujar Airlangga dalam konferensi pers, dikutip Sabtu (18/2/2023).

Ia mengatakan masih sedikitnya pilihan pelatihan saat ini karena tiap lembaga pelatihan yang menawarkan diri untuk memberikan pelatihan kepada para peserta harus melalui kurasi yang tepat. Oleh karena itu, lembaga yang saat ini tersedia di program prakerja adalah yang benar-benar telah lulus seleksi.

Untuk itu agar para peserta memiliki banyak pilihan pelatihan ke depan, ia mendorong lembaga pelatihan yang belum mendaftarkan diri dalam program ini untuk menjadi bagian dari program kartu prakerja. Pendaftaran bagi lembaga pelatihan dapat dilakukan melalui platform pemerintah di Siap Kerja atau platform digital lainnya yang bekerja sama dengan program kartu prakerja.

Pemerintah mengundang angkatan kerja berusia 18-64 tahun mendaftar Kartu Prakerja Skema Normal tahun 2023 melalui www.prakerja.go.id secara mandiri, untuk dapat mengikuti gelombang seleksi.

Sebagai informasi, program Kartu Prakerja tahun ini yang dilaksanakan dengan skema normal, memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang berskema semi bantuan sosial (bansos). Tahun ini, fokusnya untuk peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja.

Trending 🔥 :  Syarat Dan Tata Cara Niat Berpuasa Di Bulan Rajab

Dengan penerapan skema normal, maka terdapat beberapa perubahan ketentuan program Kartu Prakerja tahun ini, mulai dari sistem pelatihan, jam pelatihan, hingga besaran insentif yang didapat.

“Tenang, pemerintah masih akan terus membuka gelombang-gelombang berikutnya sambil terus menambah jumlah pelatihan dan lembaga pelatihan ke dalam ekosistem Kartu Prakerja!,” jelasnya.

Setelah syarat pendaftarannya terpenuhi, kamu dapat lanjut ke pendaftaran. Berikut cara mendaftar prakerja gelombang 48:

Buka situs https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.

Masukkan alamat email dan password dan klik Daftar.

Buka email notifikasi yang dikirim dan lakukan verifikasi.

Setelah berhasil daftar akun dan login, Anda akan diarahkan ke laman verifikasi KTP.

Kemudian masukan nomor KTP dan tanggal lahir, dan klik Berikutnya.

Lengkapi data diri di antaranya nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, dan unggah swafoto sambil memegang KTP.

Langkah selanjutnya dalam pembuatan Kartu Prakerja adalah mengikuti tes.

Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online.

Selesai melakukan tes, selanjutnya pilih gelombang Kartu Prakerja 2023 yang tersedia di dashboard sesuai dengan alamat KTP, lalu klik ‘Gabung Gelombang’.

Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan gelombang Kartu Prakerja 2023.

Jika sudah sesuai, klik ‘Gabung’.

Akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Anda harus klik ‘Saya Menyetujui’ untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.