Hasil Laga PSM Makassar Vs Dewa United 2-0

PSM Makassar berhasil mengalahkan Dewa United pada Rabu 1 Maret 2023 di Stadion Gelora BJ Javiye pada pekan ke-27 BRI Liga 1 2022/2023. PSM menang dengan skor 2-0.

PSM cepat unggul lewat gol Wiljan Pruim di menit ke-3. PSM kemudian menggandakan keunggulan melalui gol bunuh diri Iksan Kurniawan pada menit ke-23. Tidak ada tambahan poin di babak kedua. PSM akhirnya menang dengan dua gol tanpa balas.

Kemenangan atas Dewa United ini membuat posisi PSM di puncak klasemen semakin solid. Sekarang, PSM memimpin dengan perolehan 59 poin.

Sementara itu, Dewa United ternyata masih sulit menemukan konsistensi. Dalam lima pertandingan terakhir, Dewa United menang 1-0 atas Borneo FC, kalah 2-3 dari PSIS Semarang, menang 3-1 atas PSS Sleman, kalah 1-2 dari Bali United, dan kini takluk dari PSM.

Dewa United pun sampai saat ini masih tercecer di papan bawah dengan 29 poin.

Pertandingan PSM vs Dewa United yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie, Rabu (1/3/2023) berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Juku Eja, julukan tuan rumah.

Hasil PSM vs Dewa United tersebut membuat Juku Eja kokoh di puncak klasemen Liga 1 2022-2023. Mereka kini mengoleksi 59 poin.

Angka itu unggul tujuh poin dari Persib Bandung yang berada di posisi kedua. Namun, Persib masih punya tabungan satu laga dibanding PSM.

Adapun pencetak gol PSM dalam kemenangan atas Dewa United yakni Wiljan Pluim (3′) dari tendangan bebas dan gol bunuh diri dari Ichsan Kurniawan (23′).

Hujan yang mengguyur Stadion BJ Habibie membuat lapangan penuh dengan genangan air dan mengganggu aliran maupun pantulan bola.

Meski hujan sudah reda, kondisi lapangan tetap penuh genangan. Drainase stadion patut menjadi sorotan operator liga.

Meski demikian, PSM Makassar mampu membuat gol cepat pada menit ketiga. Gol tercipta berkat tendangan bebas Wiljan Pluim.

Setelah gol terjadi, kedua tim saling berbalas sering. Namun, genangan yang terjadi membuat upaya dari kedua belah pihak kerap tersendat.

Trending 🔥 :  Respons Eddie Howe Usai Laga Southampton Vs Newcastle

Begitu banyak umpan terobosan datar maupun drible pemain berhenti di tengah jalan karena genangan air.

Pada menit ke-23, PSM Makassar mencetak gol lewat skema sepakan pojok. Sundulan gelandang Dewa United, Ichsan Kurniawan mengarah ke gawang sendiri.

Tandukannya tidak melambung ke atas melainkan menukik tajam ke gawang sendiri dan tak bisa diantisipasi kiper Muhammad Natshir.

Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama berakhir, PSM unggul.

Babak 2
Hujan terlihat sudah berhenti pada babak kedua. Meski begitu, genangan air tetap masih ada dan masih mengganggu aliran bola.

Lapangan yang licin dan berair membuat banyak pemain melakukan sliding tackle dalam merebut bola. Beberapa kali pemain mengerang kesakitan setelah ditekel, tetapi masih bisa bangkit.

PSM Makassar tampil mendominasi dari segi jumlah serangan. Umpan terobosan mereka kerap berhasil menembus garis pertahanan Dewa United.

Akan tetapi, penampilan kiper Muhammad Natshir patut diapresiasi. Dia melakukan penyelamatan-penyelamatan krusial.

Dewa United bermain dengan umpan-umpan panjang dari belakang. Skema tersebut tak berjalan lancar.

Sebab, akurasi umpan buruk. Selain itu, kondisi lapangan tidak mendukung. Skema mereka mudah dipatahkan oleh pemain tuan rumah.

Hingga babak kedua berakhir, tak ada gol yang tercipta. PSM Makassar menang 2-0 atas Dewa United.

Susunan Pemain
PSM Makassar (3-5-2)
30-Reza Arya Pratama (PG); 4-Yuran Fernandes, 47-Agung Mannan (27-Safrudin Tahar 83′), 5-Erwin Gutawa; 39-Kenzo Nambu (17-Rasyid Bakri 79′), 45-Akbar Tanjung (48-Muhammad Arfan 65′), 88-A Raehan, 22-Yakob Sayuri (24-Rizky Eka Pratama 79′), 11-Yance Sayuri; 80-Wiljan Pluim, 10-Everton (9-Ramadhan Sananta 80′).

Pelatih: Bernardo Tavares

Dewa United
1-Muhammad Natshir (PG); 17-Brian Fatari, 5-Risto Mitrevski, 12-Bhudiar Riza, 16-Frendi Saputra (14-Miftah Anwar Sani 65′); 6-Theo Numberi (9-Rishaudi Fauzi 65′), 15-Rangga Muslim, 24-Ichsan Kurniawan; 20-Majed Osman, 48-Achmad Faris Ardiansyah, 10-Karim Rossi (11-Ramai Rumakiek 73′).

Pelatih: Jan Olde Riekerink

Skor Akhir
PSM vs Dewa United: 2-0 (Wiljan Pluim 3′, Ichsan Kurniawan/gbd 23′)