Bournemouth Vs Liverpool : Rekor Buruk Salah Saat Eksekusi Penalti

Liverpool kalah dari tuan rumah Bournemouth. Tendangan penalti Mohamed Salah yang melenceng dari sasaran berujung terciptanya rekor buruk.

Liverpool gagal mempertahankan performa bagus mereka setelah menang tujuh gol atas Manchester United pekan lalu.

Bertamu ke markas tim papan bawah Bournemouth pada pekan ke-27 kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League, armada Juergen Klopp pulang dengan tangan hampa.

Bertanding di Vitality Stadium, Minggu (11/3/2023) malam WIB, The Reds kalah 0-1 dari tuan rumah Bournemouth.

Gol semata wayang Philip Billing pada menit ke-28 sudah cukup untuk mengamankan tiga poin Bournemouth di rumah sendiri.

Liverpool sebenarnya punya kesempatan emas untuk mencetak gol balasan pada menit ke-69.

Wasit John Brooks menunjuk titik putih setelah bek kiri Bournemouth, Adam Smith, dinilai melakukan handball di dalam kotak 16 meter.

Sayangnya, kans tersebut gagal dimanfaatkan Mohamed Salah yang maju menjadi eksekutor penalti.

Tembakan penalti Mo Salah melebar di sisi kanan gawang Bournemouth yang dikawal kiper Neto.

Kegagalan itu membuat Salah mengukir rekor buruk dalam urusan tendangan penalti.

Untuk kali pertama dalam kariernya di Premier League, sepakan penalti Mohamed Salah meleset dari target.

Sebelumnya, dari 20 penalti di Premier League yang ia eksekusi, memang ada dua yang gagal menjadi gol.

Namun, dua sepakan 12 pas itu tetap mengarah ke gawang meski akhirnya bisa ditepis kiper lawan.

Bagi Liverpool, kekalahan di markas Bournemouth membuat tren bagus mereka terhenti.

Pada dua laga Premier League sebelumnya, The Reds berhasil meraih kemenangan atas Crystal Palace (2-0) dan Manchester United (7-0).

Pasukan Juergen Klopp saat ini menghuni peringkat kelima klasemen Liga Inggris dengan nilai 42 dari 26 laga.

Liverpool berjarak enam poin dari tim peringkat empat, Tottenham Hotspur, yang sudah memainkan 27 pertandingan.

Liverpool tampil menekan di awal laga. Mereka sempat mengancam melalui Mohamed Salah, Virgil van Dijk, Darwin Nunez hingga Trent Alexander-Arnold.

Trending 🔥 :  Liverpool Vs Wolves : Penampilan Ciamik Van Dijk

Meski banyak ditekan, Bournemouth justru mampu unggul lebih dulu. Gol yang membawa The Cherries memimpin dilesakkan oleh Philip Billing pada menit ke-28.

Gol berawal dari umpan silang yang dikirim Dango Outtara. Bola langsung disambar Billing dengan tembakan kaki kanan dan bersarang di gawang Liverpool.

Tertinggal satu gol, Liverpool mencoba membalas. Virgil van Dijk mempunyai peluang di menit ke-41, tapi bola masih melebar dari sisi kiri gawang Bournemouth.

Pada akhirnya, tak ada tambahan gol yang tercipta sampai turun minum. Bournemouth untuk sementara unggul 1-0 atas Liverpool.

Pada awal babak kedua, Liverpool mendapat dua peluang melalui Ibrahima Konate dan Diogo Jota. Namun sayang belum bisa dimaksimalkan menjadi gol.

Pada menit ke-69, Liverpool mendapat penalti usai Adam Smith handball di kotak terlarang. Keputusan itu diambil wasit setelah berkonsultasi dengan VAR.

Mohamed Salah yang maju sebagai algojo gagal menuntaskan tugasnya. Sepakan keras pemain asal Mesir tersebut melebar dari gawang Bournemouth.

Setelah itu, baik Bournemouth dan Liverpool silih berganti melakukan serangan. Mereka mendapat sejumlah peluang untuk mencetak gol.

Namun, hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak kedua, tak ada gol yang tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Bournemouth menutup pertandingan.

Susunan Pemain
Bournemouth (4-4-1-1): Neto; Adam Smith (Ryan Fredericks 80′), Jack Stephens, Marcus Senesi, Lloyd Kelly; Dango Ouattara, Jefferson Lerma (Lewis Cook 81′), Philip Billing (Ryan Christie 70′), Jaidon Anthony (Matias Vina 88′); Joe Rothwell; Dominic Solanke (Antoine Semenyo 88′).

Pelatih: Gary O’Neil

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold (James Milner 65′), Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Harvey Elliott (Diogo Jota 46′), Fabinho ( 65′), Stefan Bajcetic (Fabio Carvalho 88′); Mohamed Salah, Cody Gakpo, Darwin Nunez (Roberto Firmino 66′).

Pelatih: Jurgen Klopp