Berikut Syarat Dan Cara Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 48


Warning: Undefined array key "tie_hide_meta" in /home/u992852709/domains/allaeps.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Warning: Trying to access array offset on value of type null in /home/u992852709/domains/allaeps.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Program Kartu Prakerja resmi diluncurkan dengan menerapkan skema baru atau reguler. Sedangkan kuota yang disediakan dalam program ini mencapai 10.000 orang. Cari tahu cara mendaftar, ketentuan, kuota, dan insentif kartu prakerja.

Menko Perekonomian Airlangga Hartart resmi meluncurkan gelombang program Kartu Prakerja 2023. Peserta dapat mendaftar melalui website prakerja.go.id.

“Untuk itu, seleksi kartu prakterja gelombang 48 bisa dilakukan peserta per Jumat, 17 Februari 2023,” ujarnya dalam Konferensi Pers Kartu Prakerja secara daring, Jumat (17/2/2023).

Airlangga menyampaikan mengacu capaian Kartu Prakerja dalam 3 tahun terakhir telah menghasilkan lulusan sebanyak 16,4 juta orang. Pada tahun ini Kartu Prakerja akan berlaku skema dan tidak lagi semi bansos. Dengan demikian, masyarakat yang telah menerima program bansos lain bisa ikut daftar Kartu Prakerja gelombang 48.

Syarat Daftar Kartu Prakerja
Sebelum melakukan pendaftaran, tentunya para peserta Program Kartu Prakerja 2023 harus memperhatikan beberapa syarat, antara lain:

WNI (warga negara Indonesia) berusia 18 tahun ke atas
Tidak sedang menempuh pendidikan formal
Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil
Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
Maksimal 2 NIK (nomor induk kependudukan) dalam 1 KK (kartu keluarga) yang menjadi peserta Kartu Prakerja.
Cara Daftar Kartu Prakerja
Usai mempersiapkan sejumlah syarat yang dibutuhkan, para peserta bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk melakukan pendaftaran:

Buka laman https://dashboard.prakerja.go.id/daftar
Masukkan nama lengkap, email dan kata sandi. Klik ‘Daftar’
Lakukan verifikasi dengan membuka notifikasi pada email
Jika sudah terverifikasi, login menggunakan alamat email dan password yang telah didaftarkan pada laman dashboard.prakerja.go.id
Masuk ke dashboard, kemudian verifikasi KTP dan KK
Lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan swafoto Anda
Verifikasi nomor telepon, lalu klik ‘Kirim’
Isi deklarasi survei
Terakhir, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa mengikuti seleksi gelombang
Daftar gelombang dan tunggu pengumuman hasilnya.

Trending 🔥 :  Persib Bandung Taklukan Arema Fc Lewat Gol Marc Klok

Insentif dan Skema Kartu Prakerja
Sebagaimana diketahui, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara resmi membuka gelombang pertama 2023 program Kartu Prakerja dengan skema baru atau pada 17 Februari 2023.

Dalam skema, setidaknya ada sejumlah perubahan dan intensif pada Program Kartu Prakerja 2023, antara lain:

Penambahan durasi pelatihan yang semula minimal 6 jam menjadi minimal 15 jam dengan moda pelatihan berlangsung secara daring, luring, dan bauran.
Program pada tahun ini boleh diikuti oleh penerima bantuan dari kementerian/lembaga lainnya seperti Bantuan Sosial, Bantuan Subsidi Upah atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM).

Pemerintah juga fokus memberikan peningkatan kemampuan atau skill dengan porsi biaya pelatihan yang lebih tinggi, yaitu sebesar Rp3,5 juta per orang, dari pada insentif.

Secara total, peserta akan menerima bantuan senilai Rp4,2 juta per individu dengan perincian bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pascapelatihan Rp600 ribu, dan insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei (masing-masing Rp50 ribu  per survei).

Kuota Kartu Prakerja
Sebagai informasi, Program Kartu Prakerja 2023 Gelombang 48 tersebut hanya menyediakan kuota 10.000 orang. Dibatasinya kuota tahun ini menurut Airlangga karena menyesuaikan dengan program pendaftaran lembaga pelatihan yang dikurasi MPPKP.

“Mengapa kuota dibatasi? Karena menyesuaikan dengan program pendaftaran lembaga pelatihan yang dikurasi MPPKP. Pelatihan tersedia masih dalam terbatas dan kuota akan ditingkatkan di gelombang lanjutannya,” ungkapnya.

Namun demikian, untuk 2023 pemerintah telah mengalokasikan anggaran kartu prakerja untuk 595.000 penerima manfaat. Sehingga masih terdapat kuota sebanyak 585.000 sepanjang 2023 mendatang.