Berbagai Keluhan Penonton Konser Dewa 19 Di JIS


Warning: Undefined array key "tie_hide_meta" in /home/u992852709/domains/allaeps.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Warning: Trying to access array offset on value of type null in /home/u992852709/domains/allaeps.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Pengalaman melihat salah satu legenda dunia musik Indonesia, Dewa 19, konser di Jakarta International Stadium (JIS) tidak seindah yang dibayangkan. Sebanyak 75.000 orang yang datang ke lokasi diketahui sedang menguji kesiapan fasilitas stadion dengan standar internasional, ujarnya.

Kebanyakan penonton, Baladewa dan Baladewi hanya menikmati konser itu ketika nyanyian didendangkan. Namun, saat akan masuk dan keluar dari arena konser itulah banyak orang mengeluhkan fasilitas JIS yang sudah pernah dijadikan tempat salat Id itu.

Adriansyah Yasin, salah satu penonton konser Dewa 19 mengaku JIS belum cukup siap untuk menampung kegiatan dengan puluhan ribu orang seperti pada Sabtu (4/2) malam kemarin. Pasalnya, transportasi umum, lokasi parkir, hingga trotoar yang ada di JIS belum mampu menampung pengunjung sebanyak itu.

“Resep sempurna membuat bencana seperti Kanjuruhan kembali terjadi,” ujarnya

Adri menyebut bahwa saat hendak keluar dari arena konser, semua orang, puluhan ribu orang, hanya diberi satu akses pintu keluar. Hal itu tentunya membuat penumpukan di lokasi dan antrean mengular tak henti.

Penderitaan pun tak berhenti di situ. Saat akhirnya dapat keluar dari arena stadion, ia mengatakan bahwa fasilitas jalanan yang tak bertrotoar membuat dirinya lebih merasa was-was lagi untuk berjalan kaki.

“Keluar dari stadion langsung disambut jalan tak bertrotoar, akses bus shuttle yang gak jelas. Buat apa stadion bagus tapi infra pendukungnya gak ada sama sekali?” protesnya.

Atas kejadian itu, Adri meminta agar PT Jakarta Propertindo (JakPro) selaku pengelola JIS lebih serius untuk membangun transportasi umum yang layak untuk mengakomodasi ribuan orang yang datang ke stadion itu.

“Kemudian jaringan trotoar juga dibenahi,” pintanya.

Kondisi serupa juga terjadi di Jalan Danau Sunter Barat yang merupakan akses menuju ke area JIS.

Trending 🔥 :  Duel Arema Fc Vs PSM Makassar Diwarnai Kartu

Para Baladewa dan Baladewi (sebutan untuk fans Dewa 19) yang berjalan kaki terlihat bersesakan di pedestrian dan bahu jalan.

Mereka berbagi jalan dengan kendaraan pribadi serta shuttle bus yang hendak menuju Pintu Masuk Barat JIS.

Gita (24), salah seorang penonton konser Dewa 19 menceritakan bahwa dia menempuh waktu satu jam untuk menuju JIS dari Harmoni.

“Berangkat dari Harmoni naik busway soalnya kan katanya enggak ada parkir. Sejam lebih baru sampai JIS karena macet total. Tadi berangkat jam 17.15 WIB, turun di Pintu Barat JIS jam 18.30 WIB,” kata Gita

Hal senada disampaikan Naufal (24), penonton Dewa 19 yang menggunakan sepeda motor.

Dia menyebut bahwa kemacetan sudah terasa dari Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Naik motor saja macet. Itu sudah macet dari Jalan Benyamin Sueb. Sampe Jalan Danau Sunter juga masih macet parah,” kata Naufal.

Petugas gabungan TNI-Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan yang bersiaga di sekitar kawasan JIS pun tampak sibuk mengatur arus lalu lintas.

Mereka meminta setiap pengendara untuk tidak sembarang berhenti di pinggir jalan guna mengurai kemacetan.

Para penonton yang berkumpul di sisi kiri dan kanan jalan pun diarahkan untuk langsung bergegas ke Pintu Masuk Barat agar tidak terjadi kepadatan.