Barcelona Vs Valencia : Blaugrana Tetap Pimpin Klasemen

Barcelona mengalahkan Valencia 1-0 dan unggul 10 poin dari Real Madrid di La Liga. Pertandingan itu dirusak oleh penalti gagal dari Ferran Torres dan kartu merah dari Ronald Araujo.
Duel antara Barcelona dan Valencia berlangsung di Camp Nou pada Minggu (3/5/2023) malam WIB. Rafinha mencetak satu-satunya gol Barcelona dalam pertandingan tersebut.

Barcelona membuka keunggulan pada menit ke-15 lewat Raphinha. Sergio Busquets melepaskan umpan lambung ke kotak penalti dan Raphinha menuntaskannya dengan sundulan.

Ferran Torres melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti. Tembakannya yang mengarah ke pojok bawah gawang Valencia ditepis oleh Giorgi Mamardashvili.

Valencia melewatkan sebuah peluang bagus untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-34. Jesus Vazquez melepaskan umpan silang dari sisi kiri dan diteruskan dengan sundulan oleh Thierry Correia. Meski berdiri bebas, Correia gagal mengarahkan bola ke gawang.

Valencia kembali menyia-nyiakan peluang. Marc-Andre ter Stegen melakukan kesalahan, tapi Samuel Lino gagal memanfaatkannya. Tendangan Lino justru melambung di atas gawang.

Barcelona mendapat peluang emas untuk menambah keunggulan usai dapat penalti pada menit ke-53. Wasit menunjuk titik putih menyusul handball yang dilakukan pemain Valencia.

Namun, Ferran Torres yang maju sebagai eksekutor gagal memaksimalkannya. Tendangannya membentur tiang gawang Valencia.

Tak lama kemudian, peluang Barcelona lagi-lagi digagalkan tiang gawang. Kali ini tendangan Ansu Fati yang kena tiang.

Usai dua peluangnya digagalkan tiang gawang, Barcelona kemudian harus kehilangan Ronald Araujo. Araujo mendapat kartu merah langsung dari wasit usai menjatuhkan Hugo Duro.

Valencia sempat mengklaim penalti pada menit ke-85 setelah Kessie dan Perez berebut bola di kotak penalti. Namun wasit menilai tak ada pelanggaran.

Berkat kemenangan ini, Barcelona kini mengumpulkan 62 poin di puncak klasemen Liga Spanyol. Pasukan Xavi Hernandez itu unggul 10 poin atas Real Madrid yang baru akan bertanding dini hari nanti melawan Real Betis.

Susunan Pemain

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Ronald Araujo, Jules Kounde, Andreas Christensen, Alejandro Balde; Sergi Roberto (Eric Garcia 81′), Sergio Busquets, Frenkie de Jong (Kessie 46′); Raphinha (Alarcon 87′), Ferran Torres, Ansu Fati (Alonso 61′)

Trending 🔥 :  Penyebab Codashop Yang Dikabarkan Mengalami Error

Valencia: Giorgi Mamardashvili; Thierry Correia (Castillejo 62′), Eray Comert (Diakhaby 55′), Cenk Ozkacar, Jesus Vazquez; Dimitri Foulquier, Hugo Guillamon, Ilaix Moriba (Fran Perez 62′); Andre Almeida (Musah 78′), Hugo Duro, Samuel Lino (Kluivert 78′)

Bekal positif dikantongi Barcelona usai meraih kemenangan di laga El Clasico. Tim Catalan menang tipis 1-0 atas tuan rumah Real Madrid pada leg pertama semifinal Copa del Rey. Namun, hasil itu setidaknya sudah cukup bagi Barcelona untuk fokus sepenuhnya ke La Liga.

Di sisi lain Valencia benar-benar membutuhkan kemenangan agar bisa keluar dari zona degradasi. Harapan muncul setelah mereka mengalahkan Real Sociedad pada akhir pekan lalu. Namun tiga poin belum cukup untuk membuat Valencia beranjak dari posisi 18.

Terpuruknya Kelelawar Hitam tidak luput dari performa tandang yang buruk pada musim ini. Terakhir Los Che menang tandang terjadi pada Oktober di kandang Osasuna. Sejak itu, mereka hanya meraih dua poin dari tujuh lawatan di La Liga.

Lalu bagaimana peluang di kandang Barcelona? Sepertinya sangat sulit bagi tim asuhan Ruben Baraja untuk bisa mengalahkan raksasa Catalan di depan pendukungnya sendiri, Barca belum terkalahkan di kandang pada pertandingan La Liga musim ini.

Meski di atas kertas diunggulkan, Barcelona tetap tak boleh memandang sebelah mata Valencia. Skuat Valencia baru mememtik kemenangan tipis atas Real Sociedad pada akhir pekan lalu. Kemenangan itu merupakan yang pertama buat Valencia setelah dalam 6 laga selalu kalah.

Setidaknya kemenangan tersebut menjadi pelecut ketika menyambangi Camp Nou. Belum lagi, Barcelona tak akan diperkuat penyerang Polandia, Robert Lewandowski. Mesin gol Barca ini kemungkinan absen karena sedang dibekap cedera hamstring.

Kebugaran pemain Barca juga terkuras setelah laga El Clasico pada tengah pekan kemarin. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh Valencia. Ruben Baraja juga bisa meniru Almeria yang pekan lalu bisa mengalahkan Barca, Namun sepertinya tetap tuan rumah yang berpeluang menang. Bagaimana, setuju?