Aston Villa Tekuk Leeds United Dikandang Dengan Skor 2-1

Hasil Liga Inggris 2022-2023 antara Aston Villa dan Leeds United diumumkan pada Sabtu (14 Januari 2023) dini hari WIB. Bermain di kandang sendiri, The Villains (julukan Aston Villa) mengalahkan Leeds United 2-1.

Adapun kedua gol Aston Villa dicetak oleh Leon Bailey (3’) dan Emi Buendia (64’).Sementara Leeds United menipiskan kedudukan lewar Patrick Bamford pada menit ke-83. Kemenangan itu membawa Aston Villa saat ini ada di peringkat ke-11 klasemen Liga Inggris 2022-2023 dengan raihan 25 poin.

Babak Pertama

Aston Villa langsung mengejutkan Leeds United lewat gol cepat yang dicetak oleh Leon Bailey (3’). Pemain berdarah Jamaika itu sukses memanfaatkan umpan manis dari Boubacar Kamara, tim tuan rumah unggul 1-0.

Selepas gol itu, Leeds United langsung menerapkan permainan ofensif nan agresif. Serangan beruntun berhasil mengancam gawang The Villans -julukan Aston Villa. Namun, mereka belum bisa mencetak gol penyama kedudukan.

Sementara itu, Aston Villa bermain dengan hati-hati. Mereka menjaga keunggulan dengan mengontrol lini tengah dan bermain solid di lini belakang. Tercatat, mereka mampu unggul secara penguasaan bola atas tim tamu. Pada akhirnya, Leeds United yang mencatatkan tujuh tembakan tidak bisa menyamakan kedudukan di paruh pertama.

Babak Kedua

Beralih ke babak kedua, jual beli serangan langsung dipertontonkan kedua tim sejak awal pertandingan. The Peacocks -julukan Leeds United- bermain agresif dengan melepaskan banyak tembakan.

Sedangkan, Aston Villa bermain lebih sabar, namun efektifuntuk membongkar pertahanan tim besutan Jesse Marsch. Efektivitias ini akhirnya berbuah gol kedua untuk tim tuan rumah.

Adalah Emiliano Buendia (64’) yang sukses mencatatkan namanya di papan skor lewat tembakan keras. Wasit sempat mengecek Video Assistant Referee (VAR) sebelum mengesahkan gol tersebut.

Trending 🔥 :  Harry Kane Tetap Di Tottenham, Meski Di Incar Manchester United

Usai gol itu, Leeds United tetap bermain tanpa beban dengan melakukan serangan masif. Hasilnya manis, Patrick Bamford (83’) sukses mempertipis ketertinggalan menjadi 1-2.

Di sisa waktu 10 menit, Leeds United terus menggedor pertahanan Aston Villa. Namun, The Villans akhirnya mampu mempertahankan keunggulan 2-1 hingga pertandingan selesai.

Hal ini tak lepas dari permainan apik kiper Aston Villa dan timnas Argentina, Emiliano Martinez, yang melakukan dua penyelamatan krusial sepanjang laga kontra Leeds United.

Berkat kemenangan ini, Aston Villa sukses memperpanjang tren tak terkalahkan di Liga Inggris.

Sejak awal 2023, Aston Villa telah melakoni tiga laga Liga Inggris dan tak pernah menelan kekalahan. Mereka mencatat dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Saat ini, mereka menduduki peringkat ke-11 klasemen Liga Inggris dengan koleksi 25 poin dari 19 pertandingan.

Aston Villa berhasil menyamai raihan poin Chelsea yang berada di peringkat ke-10 setelah melakoni 18 laga.

The Villans pun hanya tertinggal tiga angka dari Liverpool yang kini menempati peringkat ketujuh.

Susunan Pemain Aston Villa vs Leeds United:

Aston Villa (4-4-2): Emiliano Martinez (GK), Ashley Young, Ezri Konsa, Tyrone Mings, Lucas Digne, Leon Bailey, Douglas Luiz, Boubacar Kamara, Jacob Ramsey, Emiliano Buendia, Ollie Watkins.

Pelatih: Unai Emery

Leeds United (4-2-3-1): Illan Meslier (GK), Luke Ayling, Robin Koch, Liam Kooper, Pascal Struijk, Marc Roca, Tyler Adams, Jack Harrison, Brendan Aaronson, Wilfried Gnonto, Rodrigo.

Pelatih: Jesse Marsch