Amalan Bagi Perempuan Haid Di Malam Nisfu Syaban


Warning: Undefined array key "tie_hide_meta" in /home/u992852709/domains/allaeps.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Warning: Trying to access array offset on value of type null in /home/u992852709/domains/allaeps.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Terdapat bacaan dzikir nisfu syaban bagi wanita haid yang bisa Anda panjatkan. Haid tak lantas menjadi halangan untuk mengerjakan amalan-amalan malam nisfu syaban yang datang sekali dalam setahun ini.

Umumnya, amalan nisfu syaban yang banyak dilakukan adalah puasa, salat malam, membaca doa-doa, dan berdzikir. Sebagai wanita yang tengah haid, Anda tentu tak bisa puasa maupun salat. Namun, Anda bisa melantunkan dzikir.

Malam nisfu syaban sendiri jatuh di setiapsetiap tanggal 15 Syaban. Dalam kalender Masehi tahun ini yakni 2023, malam nisfu syaban jatuh pada 8 Maret 2023. Nah, agar Anda juga tetap bisa mengikuti keistimewaan malam ini, berikut bacaan dzikir nisfu syaban bagi wanita haid yang bisa dipanjatkan.

Malam Pengampunan
Malam Nisfu Syaban diyakini oleh umat Muslim sebagai malam yang penuh akan rahmat dan kebaikan Allah SWT. Tak heran jika malam istimewa ini juga dijuluki ‘malam pengampunan’. Sebab, seperti yang termuat dalam hadis riwayat Thabrani dan Ibnu Hibban;

“Allah SWT melihat kepada makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya’ban, lalu memberikan ampunan kepada seluruh makhluk-Nya kecuali kepada orang yang menyekutukan Allah atau orang yang bermusuhan.” (HR at-Thabrani dan Ibnu Hibban).

Mengutip laman NU Online, di malam nisfu Syaban umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah; “Apabila tiba malam Nisfu Sya’ban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya.” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman).

Dzikir Nisfu Syaban bagi Wanita Haid
Sebagai wanita yang tengah haid di waktu jatuhnya malam nisfu syaban, Anda tak perlu berkecil hati. Sebab, masih ada amalan yang bisa Anda lakukan di malam ini, yakni berdzikir dan berdoa.

Trending 🔥 :  Osasuna Vs Madrid : Performa Vinicus Terus Meningkat

Berdasarkan hadis riwayat Abu Bakar, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda,

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya, “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

Berdzikir merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan di malam nisfu syaban, dan semua umat muslim bisa melakukannya termasuk wanita haid sekalipun. Dzikir dapat membantu Anda menjaga hati dan pikiran agar tetap tenang dan damai.

Dzikir juga merupakan amalan yang dapat membantu menjaga keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Berikut bacaan dzikir nisfu syaban bagi wanita haid yang bisa dilafalkan;

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّ

Laa haula walaa quwwata illa billah

Artinya: “Tidak ada daya dan tidak ada upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

Selain itu, Anda juga dapat memperbanyak bacaan istighfar. Istigfar dapat dilantunkan untuk membantu melancaran rezeki, melebur dosa-dosa, melepaskan penderitaan, menghapuskan kesusahan, dan menolak rasa gundah gulana. Berikut bacaan istighfar;

أَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ الْعَظِيْمَ

Astaghfiru llâhal ‘adhim

Artinya: “Saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung.”